tips memilih kamera DSLR untuk pemula

Bidang fotografi menjadi sebuah hobby yang banyak diminati masyarakat pada saat ini. Untuk memenuhi hobby tersebut tentu dibutuhkan peralatan yang mendukung. Salah satunya adalah kamera, di era digital saat ini banyak sekali produsen yang menawarkan produk mereka dengan berbagai fitur dan aksesoris  yang melengkapi sebuah kamera. 

Bagi kita yang masih pemula, tentu akan merasa bingung dalam menentukan kamera mana yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pemula. Oleh karena itulah saya menulis artikel ini sebagai panduan dalam memilih membeli
 kamera DSLR untuk pemula.

Berikut sedikit ulasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membeli kamera DSLR:

1. Kebutuhan dan Budget

Hal yang harus diutamakan adalah kebutuhan, bagi pemula sebaiknya jangan memilih kamera DSLR dengan budget yang mahal. Karena sekali lagi, kebutuhan anda adalah untuk belajar. Disarankan untuk membeli kamera dengan harga standar dan fitur yang tidak terlalu rumit, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses belajar memotret. Ketika anda sudah merasa lebih mahir, silahkan memilih kamera yang lebih canggih.




2. Sensor

Sensor secara  umum terbagi dalam 3 kategori, yaitu fullframe, APS-Cdan Four-Thirds. Dapat dijelaskan bahwa Kamera DSLR full frame adalah kamera DSLR yang memiliki ukuran sensor yang ukurannya sama dengan ukuran film pada kamera analog. Jadi apa yang anda lihat di viewfinderketika memotret, maka akan seperti itu lah hasil fotonya. Tanpa ada bagian yang ter-crop.



Kamera dengan sensor APS-C memiliki ukuran sensor yang cenderung lebih kecil.  Resikonya adalah, akan ada beberapa bagian foto yang hilang atau di crop karena ukuran gambar di sensor tidak sama seperti yang anda lihat di viewfinder. Namun keuntungannya adalah harga yang lebih murah dan kamera body akan terasa lebih ringan. 


Kamera dengan sensor Four-Thirds. Jenis ini adalah yang paling populer saat ini. Dengan ukuran sensor yang lebih kecil dari sensor APS-C, maka ukuran body akan  menjadi lebih kecil serta lebih ringan. Sehingga mudah dibawa kemana-mana. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tetap sama.


Contoh kamera berdasarkan ukuran sensor:



Full frame:
Nikon D600, Canon 5D mark III, Nikon D4, Nikon D700, Nikon D800, Sony A99.


Crop sensor APS-C :
 Sony SLT A37/A57, Canon Nikon D3000/D3200/D90/D7000, 600D/650D/60D/7D, Sony A390.



Four-Thirds :
Sony NEX, Fuji XE-1, Canon EOS-M, Olympus EPL/EPM/EP, Nikon J1/V1Panasonic GF.



3. Resolusi

Apabila anda memiliki rencana untuk mencetak foto dengan ukuran yang besar, ada baiknya anda membeli kamera yang memiiki resolusi besar sehingga cetakan foto yang dihasilkan juga bisa dimaksimalkan  sesuai dengan keinginan anda.



Namun apabila anda hanya ingin menceak foto dalam ukuran yang umum aau hanya untuk kebutuhan dunia maya (website/sosial media) idak perlu memilih kamera dengan resolusi yang tinggi. Yang sedang-sedang sajaaaa ~

4. ISO
Fitur yang juga harus diperhatikan pada kamera DSLR untuk pemulaadalah ISO. ISO sangat dibutuhkan untuk memotret pada kondisi cahaya minim atau di tempat gelap.

Semakin tinggi ISO maka akan semakin sensitif terhadap cahaya.




5. Shutter Speed/Kecepatan  Rana

Kamera DSLR untu pemula tentu memiliki kecepatan yang lebih baik daripada kamera pocket, meskipun kamera pocket tersebut berharga lebih mahal.

Shutter speed
 akan dangat diperlukan apabila anda memiliki kebutuhan dalam memotret objek yang bergerak misalnya mobil yang sedang melaju atau lah raga lari, dan sebagainya.




6. Image Stabilizer

Bagi pemula yang ingin membeli kamera DSLR juga harus memperhatikanantishake systems pada kamera.  Sebagai pemula tentu belum mengetahui cara yang baik dalam memotret, sehingga terkadang hasil foto dapat terjadi “shake” atau goyang dan bahkan blur. Fasilitas image stabilizer dirancang untuk mencegah terjadinya blur atau shake pada foto, sangat membantu bagi para pemula.


7. Ukuran dan Model

Pertimbangkanlah Ukuran kamera DSLR yang ingin anda beli. Ukuran Kamera DSLR memang kebanyakan besar, namun ada beberapa kamera DSLR yang memiliki ukuran lebih kecil dan ringan. Jika anda adalah fotografer yang suka traveling, pertimbangkan kamera dengan ukuranbody yang kecil sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Jenis kamera Four-Thirds dapat menjadi pilihan karena ukurannya yang simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana karena lebih ringan.

Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam membeli kamera DSLR untuk pemula.


0 Response to "tips memilih kamera DSLR untuk pemula"

Post a Comment