Manfaat Buah Timun Suri



TIMUN suri, siapa yang tak kenal dengan buah satu ini. Buah bernama latin Curcumis Lativus itu memang bisa dibilang primadona yang paling dicari sebagai bahan dasar es campur atau sajian khas lain berbuka puasa yang menyegarkan.
Buah berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus itu memang paling banyak dicari terutama saat Ramadan. Buah ini memiliki tekstur yang mudah rusak ketika matang, beraroma harum dan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa menambah kesegaran selepas berpuasa.



Selain segar, timun suri juga menyimpan banyak manfaat buat kesehatan, di antaranya:
1. Glukosa dan fluktosa yang baik bagi tubuh
Karena ini adalah gula yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat, jadi kita akan dengan segera mendapatkan tambahan energi setelah mengonsumsi timun suri.
2. Menghilangkan racun di dalam tubuh
Kita tahu bahwa timun suri terdiri dari air sekitar 90 persen, nah ini fungsinya bisa membuat kita lancar dalam buang air kecil. Ini bisa bermanfaat membuang racun yang ada di dalam tubuh dan menetralkan tubuh dari racun. Artinya, timun suri membantu detoksikasi di dalam tubuh kita.
3. Mengandung vitamin A
Timun suri memang banyak mengandung vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata, namun timun suri juga baik bagi tubuh karena memiliki anti oksidan yang tinggi sehingga baik sebagai pencegah penuaan dini.
4. Anti kanker
Timun suri sangat baik di konsumsi karena mengandung senyawa saponin yang bisa mencegah sakit kanker, dan timun suri juga memiliki manfaat sebagai menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita.
5. Cegah flu dan infeksi
Vitamin C ini di dalam timun suri termasuk tinggi. Keberadaan vitamin C inilah yang dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.
6. Mengandung asam linoleat
Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

0 Response to "Manfaat Buah Timun Suri"

Post a Comment